Evaluasi Keberhasilan Koperasi di Lihat Dari Sisi Anggota
Salah satu hubungan penting koperasi adalah dengan
para anggotanya, yang sekaligus sebagai pemilik dan pengguna jasa koperasi.
Motivasi ekonomi anggota sebagai pemilik dan anggota akan mempersoalkan dana (simpanan) yang telah diserahkannya, apakah menguntungkan atau tidak. Sedangkan anggota sebagai pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan barang dan jasa, untuk tidaknya tergantung pelayanan koperasi.
>> Setiap anggota akan berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan perusahaan koperasi
1. Jika kegiatan tersebut sesuai kebutuhannyaMotivasi ekonomi anggota sebagai pemilik dan anggota akan mempersoalkan dana (simpanan) yang telah diserahkannya, apakah menguntungkan atau tidak. Sedangkan anggota sebagai pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan barang dan jasa, untuk tidaknya tergantung pelayanan koperasi.
>> Setiap anggota akan berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan perusahaan koperasi
2. Jika pelayanan ditawarkan dengan harga, mutu dan syarat-syarat lebih menguntungkan disbanding dari pihak-pihak luar perusahaan
2. EFEK HARGA DAN EFEK BIAYA
Partisipasi anggota menentukan keberhasilan
koperasi, sedangkan tingkat partisipasi anggota dipengaruhi oleh besarnya nilai
manfaat pelayanan koperasi secara utilitarian dan normative. Motivasi
utilitarian sejalan dengan kemanfaatan ekonomis,maksudnya insentif berupa
pelayanan barang-jasa yang dilakukan koperasi secara efisien, atau adanya
pengurangan biaya atau diperolehya harga menguntungkan serta penerimaan bagian
SHU secara tunai maupun bentuk barang. Bila dilihat dari peranan anggota, maka
setiap harga yang ditetapkan koperasi harus dibedakan antara harga unruk
anggota dan harga non anggota, perbedaan ini megharuskan daya analisis yang
lebih tajam dlam melihat koperasi dalam pasar yang bersaing.
3. ANALISIS HUB. EFEK EKONOMIS DENGAN
KEBERHASILAN KOPERASI
Koperasi merupakan badan usaha ekonomi yang
bertujuan untuk menigkatkan kesejahteraan hidup para anggotanya. Ditinjau dari
konsep koperasi, fungsi laba tergantung pada besarnya partisipasi ataupun
transaksi anggota dengan koperasinya. Semakin tinggi partisipasi anggota
semakin tinggi manfaat yang terima oleh anggotanya.
Keberhasilan koperasi ditentukan salah satu faktornya adalah partisipasi anggota, partisipasi anggota sangat erat hubungannya dengan efek ekonomis koperasi yaitu manfaat yang diperoleh oleh anggota koperasi.
4. PENYAJIAN DAN ANALISIS NERACA
PELAYANANKeberhasilan koperasi ditentukan salah satu faktornya adalah partisipasi anggota, partisipasi anggota sangat erat hubungannya dengan efek ekonomis koperasi yaitu manfaat yang diperoleh oleh anggota koperasi.
Bila suatu koperasi bisa lebih memenuhi pelayan yang
sesui dengan kebutuhan anggotanya dibandingkan dengan pesaingnya, maka
partisipasi anggota terhadap koperasi akan meningkat. Untuk lebih meningkatnkan
pelayanannya kepada anggota koperasi membutuhkan informasi yang dating dari
anggotanya sendiri.
Ada 2 faktor koperasi harus meningkatkan pelayanan kepada anggota koperasinya :
1. Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain
2. Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat dari perubahan waktu dan peradaban. Perubahan kebutuhan akan.
Ada 2 faktor koperasi harus meningkatkan pelayanan kepada anggota koperasinya :
1. Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain
2. Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat dari perubahan waktu dan peradaban. Perubahan kebutuhan akan.
SUMBER
www.gunadarma.koperasi-evaluasi-keberhasilan-koperasi-dilihat-dari-sisi.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar